Translate

Selasa, 07 Februari 2012

Masyarakat Desa Gentasari Kec. Kroya Kab. Cilacap Jateng Mempunyai Pesawat Nomad P-806




           06 April 2010, Juanda -- Kabupaten Cilacap merupakan daerah terluas di Jawa Tengah, dengan batas wilayah sebelah selatan Samudra Indonesia, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Banyumas, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Kuningan Propinsi Jawa Barat, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kebumen dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar Propinsi Jawa Barat serta mempunyai luas wilayah 225.360,840 Ha, yang terbagi menjadi 24 Kecamatan 269 desa dan 15 Kelurahan.

            Diantara 24 Kecamatan dan 269 desa, ada satu kecamatan yang mempunyai Museum yaitu kecamatan Kroya yang tepatnya terletak di desa Gentasari, museum ini menyimpan berbagai koleksi milik Alm. Jendral (Purn) Susilo Sudarman, dari mulai menjadi Taruna Tahun 1948 sampai akhir hayatnya. Banyak koleksi yang menarik di museum ini, dari tank, pesawat, senjata dan lain sebagainya, nama dari museum ini adalah Museum Susilo Sudarman.

            Museum Susilo Sudarman ini diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik pada hari senin tanggal 03 September 2007. Pada awalnya Museum ini adalah Pendopo Ageng yang kemudian pada tahun 1983 Soesilo Soedarman pada waktu itu menulis surat pada keluarga besar Soedarman untuk menjadikan Pendopo Ageng menjadi Museum, pada tahun 1998 keinginan ini dapat direalisasikan menjadi museum Soesilo Soedarman.

            Museum yang terletak di desa Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Jawa tengah ini didirikan oleh keluarga besar Almarhum Soesilo Soedarman dan dibuka untuk umum. Almarhum Jenderal TNI (Purn) Soesilo Sudarman dilahirkan di Desa Nusajati, Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tengah pada tanggal 10 Nopember 1928 dan wafat pada hari kamis 18 Desember 1997 dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

            Jabatan terakhir yang beliau pegang sebagai menteri Negara Koordinator bidang Politik dan kemanan RI pada Kabinet pembangunan VI di era Orde Baru. Yang lebih menarik lagi disana terdapat pesawat TNI Angkatan Laut jenis Nomad N-22 Patroli Maritim Skuardron udara 800 dengan nomor lambung P-806 pernah dipakai oleh Almarhum Soesilo Soedarman yang ketika itu beliau menjabat sebagai Panglima Kowilhan-I dengan pangkat Letjen TNI untuk mendukung kegiatan patroli keamanan laut di wilayah perairan Sumatera, laut Natuna dan Kalimantan Barat.

            Sebagai Kenangan-kenangan sekaligus memperlengkap isi Museum yang luasnya ± 1.5 hektar pada tanggal 08 Nopember 2004 Kepala Staf Angkatan Laut pada waktu itu Laksamana TNI Bernard Kent Sondakh menandatangani prasasti penyerahan Pesawat Nomad N-22 Patroli Maritim TNI Angkatan Laut dengan nomor lambung P-806.























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar